15 Persen Hotel di Kota Batu Tutup Selama PPKM

  • Whatsapp
Kebijakan PPKM untuk menekan angka Covid-19 berdampak pada sektor perhotelan di Kota Batu. Selama PPKM diterapkan, 15 persen hotel memilih tutup sementara.
banner 300x250

Havana88 –  Kebijakan PPKM untuk menekan angka Covid-19 berdampak pada sektor perhotelan di Kota Batu. Selama PPKM diterapkan, 15 persen hotel memilih tutup sementara.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, keputusan penutupan operasional dilakukan oleh manajemen hotel. Jumlahnya sekitar 15 persen dari total hotel yang tergabung dalam PHRI Kota Batu.

Read More

“15 persen hotel memilih tutup sementara. Dari 60 hotel yang tergabung dalam PHRI Kota Batu,” kata Sujud kepada detikcom saat dihubungi, Senin (9/8/2021).

Menurut Sujud, hotel-hotel tersebut dipilih karena tidak mampu menanggung beban operasional dan gaji karyawannya.

“Pilih tutup karena biaya operasionalnya tinggi. Tapi itu hanya sementara selama PPKM diberlakukan,” katanya.

Sujud menambahkan, hotel sebenarnya masuk sektor esensial selama pelaksanaan PPKM. Artinya masih diperbolehkan beroperasi. Namun, jumlah hunian sangat minim meski mereka nekat beroperasi. Hal inilah yang membuat sejumlah hotel di Kota Batu memilih untuk tutup.

“Sebenarnya hotel termasuk sektor esensial, selama PPKM. Namun, meski okupansinya baru 20 persen, bahkan ada yang nol,” kata Sujud.

Dengan begitu, PHRI berharap wilayah Malang Raya bisa menurunkan level, sehingga PPKM tidak diperpanjang lagi. Sebab, kebijakan tersebut cukup berdampak.

“Kalau sektor pariwisata tutup, hotel juga akan terpengaruh. Karena itu, kami berharap PPKM tidak diperpanjang lagi,” harapnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250