3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Upgrade Kecepatan Komputer

  • Whatsapp
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Upgrade Kecepatan Komputer
banner 300x250

Havana88detik – Banyak orang tentu ingin upgrade komputer agar bisa lebih cepat. Di era Work From Home ini, banyak karyawan yang kerja dengan komputer rumah. Bagi Anda yang banyak kerja, komputer rumah yang lemot bisa menjengkelkan. Karena itu mari bahas bersama hal penting untuk diperhatikan saat ingin buat komputer kerja lebih cepat.

Upgrade RAM

Untuk tingkatkan kecepatan komputer, Anda perlu upgrade RAM. Tipe memory ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Secara sederhana, semakin besar memory RAM yang tersedia, makin cepat komputer bisa bekerja dengan informasi data.

Rata – rata laptop dan komputer standard menggunakan 4GB RAM. Untuk kemampuan yang maksimal sangat dianjurkan gunakan 8GB RAM minimal. RAM sendiri memiliki spek berbeda – beda kecepatannya.

Untuk kecepatan standard RAM yang bagus, Anda minimal pakai DDR4 dengan kecepatan 2666MHz. Jika komputer Anda belum bisa pakai RAM ini, coba cari parts motherboard yang support dan segera rangkai yang baru. Untuk pilihan RAM dibawah itu, biasanya cukup lambat untuk kerja.

Ganti Pakai SSD

Setelah upgrade RAM tapi merasa komputer tetap tidak cepat, Anda mungkin harus pakai SSD. Komputer biasa yang masih menggunakan HDD untuk simpan data, akan mengolah data lebih lambat. HDD mahal tetap tidak bisa mengejar kecepatan SSD.

Hard disk memory dengan kecepatan read dan write tinggi pasti lebih baik untuk bekerja. Hal seperti saving data, transfer dan processing bisa lebih baik menggunakan SSD. Tapi ingat SSD jauh lebih mahal yang ukurannya besar. Jadi siap – siap budget sebelum melakukan upgrade ini.

CPU atau GPU?

Bagi Anda yang bekerja kantoran, CPU menjadi lebih penting. Kebutuhan CPU untuk multitasking komputer sangatlah penting. Tapi di sisi lain Anda tetap harus pertimbangkan upgrade GPU. Banyak orang menggap GPU adalah hal yang hanya penting untuk gaming. Padahal hal ini lebih ditujukan juga untuk kerja.

Bila Anda berkutat di desain grafis dan video editing, GPU merupakan parts yang wajib upgrade. Tapi bagi pekerja kantoran biasa yang ingin komputer lebih responsive, utamakan upgrade CPU dengan kemampuan tinggi.

Sekian bahasan tentang hal penting dalam upgrade komputer. Mudah – mudahan bahasan ini informatif dan berguna bagi Anda!

banner 300x250

Related posts

banner 300x250