Alasan Kenapa PPKM Darurat 6 Minggu Bisa Berlaku

  • Whatsapp
Masa berlaku PPKM darurat berpeluang diperpanjang oleh pemerintah hingga 6 minggu. Kabar perpanjangan PPKM darurat 6 minggu pertama kali diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat dengan Banggar DPR RI Senin (12/7).
banner 300x250

Havana88 –  Masa berlaku PPKM darurat berpeluang diperpanjang oleh pemerintah hingga 6 minggu. Kabar perpanjangan PPKM darurat 6 minggu pertama kali diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat dengan Banggar DPR RI Senin (12/7).

“PPKM darurat selama 4-6 minggu dilakukan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diperkirakan akan berkurang secara signifikan,” tulis materi presentasi Sri Mulyani.

Read More

Tanda-tanda darurat PPKM akan diperpanjang karena varian Delta yang lebih ganas. Sri Mulyani mengatakan pihaknya akan kembali melakukan realokasi dan refocusing tahap III untuk mendukung pendanaan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 31 triliun.

“Saat ini kami mengidentifikasi sekitar mungkin Rp 26 triliun dan Rp 5 triliun dari TKDD. Bulan ini kita selesaikan tentunya melihat perkembangan COVID-19,” kata Sri Mulyani.

Di sisi lain, ada sejumlah pihak yang mendukung pelaksanaan PPKM Darurat 6 minggu ini. Salah satunya, ahli epidemiologi dari Griffith University, Dicky Budiman, menyetujui PPKM darurat diperpanjang hingga Agustus.

“Dan sudah minggu ini (PPKM darurat) kita belum efektif menurunkan angka infeksi, kematian, atau reproduksi dan pertumbuhan secara signifikan, jadi saya kira paling tidak ini (PPKM darurat) sampai akhir Agustus,” kata Dicky Budiman. melalui pesan suara kepada AFP, Selasa (13/7/2021).

Dicky mengatakan perpanjangan masa darurat PPKM selama 6 minggu bisa dilaksanakan di Pulau Jawa. Evaluasi perpanjangan PPKM dapat dilihat pada pertengahan Agustus.

“Prediksi saya sampai akhir Agustus kita masih membutuhkan PPKM darurat ini dan berbicara tentang PPKM darurat ini bukan lockdown. Kalau lockdown rata-rata 2 kali, masa inkubasinya minimal sebulan, rata-rata 6 kali. minggu,” katanya

Selain itu, Dicky menilai penerapan PPKM darurat selama ini, terutama kemampuan pengujian dan penelusuran pemerintah dinilai masih jauh dari standar.

“Misalnya dalam tes ini belum naik, bahkan menurut saya belum mengarah ke target yang ditetapkan. Itu kelemahan kita,” tambah Dicky.

“Kita bagus di atas kertas tapi implementasinya buruk, itu berbahaya. Jadi bicara testing dan tracing adalah strategi yang sangat fundamental. Itu yang menyebabkan (kondisi pandemi) kita memburuk,” lanjutnya.

Dicky mengatakan penambahan kasus Corona di Tanah Air masih tinggi, begitu juga dengan angka kematiannya. Oleh karena itu, penerapan PPKM darurat selama 6 minggu dinilai menjadi salah satu solusi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250