Aturan SIM Baru Umur 17 Tahun Belum Boleh Bawa Moge

  • Whatsapp
Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor besar (Moge) dan sepeda motor wanita terjadi di Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (1/8). Pengendara sepeda motor diketahui berusia 17 tahun, dilihat dari aturan SIM, klasifikasi SIM baru belum diperbolehkan mengendarai sepeda motor di atas 500 cc.
banner 300x250

Havana88Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor besar (Moge) dan sepeda motor wanita terjadi di Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (1/8). Pengendara sepeda motor diketahui berusia 17 tahun, dilihat dari aturan SIM, klasifikasi SIM baru belum diperbolehkan mengendarai sepeda motor di atas 500 cc.

“Usia pengendara motor 17 tahun, usia pengendara Honda Beat 50 tahun,” kata Mabes Polri Laka Iptu Nanda Setya.

Read More

Klasifikasi SIM C diatur dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM. Rencananya aturan ini akan mulai diterapkan pada Agustus 2021.

“Tapi kalau bicara target tetap Agustus. Ya, bisa pertengahan atau akhir Agustus. Intinya kalau sudah dilaksanakan akan ada pemberitahuan terlebih dahulu,” kata Kabid Standar Pengemudi Dit. Kapolres Lalu Lintas AKBP Arief Budiman beberapa waktu lalu.

Ketentuan SIM C dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan kapasitas mesin motor, yaitu:

– SIM C, berlaku untuk mengendarai sepeda motor jenis Ranmor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh sentimeter kubik);

– SIM CI, berlaku untuk mengendarai sepeda motor jenis Ranmor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh sentimeter kubik) sampai dengan 500 cc (lima ratus sentimeter kubik) atau Ranmor sejenis yang menggunakan tenaga listrik;

– SIM CII, berlaku untuk mengendarai Sepeda Motor jenis Ranmor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus sentimeter kubik) atau Ranmor sejenis yang menggunakan tenaga listrik,

Polisi mengamankan pengendara sepeda motor Kawasaki ER6n yang menabrak sepeda motor wanita di Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan. Pengendara sepeda motor langsung diperiksa secara intensif.

Secara spesifikasi, motor Kawasaki ER6n ini mengusung mesin berpendingin cairan, empat langkah, DOHC, empat katup, dua silinder 649 cc. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Tenaga dari mesinnya mencapai 71 tenaga kuda pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum 64 Nm pada 70.000 rpm.

Jika melihat data spesifikasi mesin Kawasaki ER6n, maka pemilik motor wajib memiliki SIM CII.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250