Bocah Viral Dengan Bergaya Standing Motor Masuk Got

  • Whatsapp
Bocah Viral Dengan Bergaya Standing Motor Masuk Got
banner 300x250

Havana88detik – Sekali lagi, kebetulan anak di bawah umur diberi kebebasan untuk mengendarai sepeda motor. Pada akhirnya, nasib buruk menimpa bocah itu.
Dalam video yang dibagikan akun Instagram @makassar_iinfo, bocah lelaki itu memasuki saluran air atau selokan di Jalan Mapala, Rappocini, Makassar. Konon bocah itu masuk ke selokan karena beraksi dengan sepeda motor freestyle standing.

Akibat kecerobohan dengan berdiri sepeda motor ramaja terjun ke saluran pembuangan. Kejadian ini terjadi di Jalan Mapala Makassar pada pukul 16.25 WIB / 21-12, tulis akun Instagram seperti yang dilihat detikcom, Selasa (22/12/2020). ).

Read More

Tampak dalam video tersebut, bocah itu tampak sudah bisa bangkit dari motornya. Dibantu teman-temannya, dia tampak tersenyum melihat sekeliling. Namun motor tersebut masih terjebak di selokan, beberapa warga tampak memberikan bantuan untuk mengevakuasi motor tersebut.

Sontak kejadian ini memancing respon dari para netizen.

“Berdiri di jalan nggak bikin keren kalau kelihatan norak,” komentar seorang netizen.

Rossi bangga padamu nak, sahut yang lain.

Terlepas dari kasus di atas. Di Indonesia, anak di bawah umur jelas tidak diperbolehkan mengendarai sepeda motor. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang menyebutkan bahwa pengemudi harus berusia minimal 17 tahun.

Bahkan untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), setiap orang harus memenuhi beberapa syarat. Salah satu syaratnya adalah usia yang cukup. Sedangkan untuk mengendarai mobil (SIM A) dan sepeda motor (SIM C), minimal usia pemohon SIM adalah 17 tahun.

Praktisi keselamatan berkendara Andry Berlianto mengatakan, ada beberapa alasan kewajiban usia menjadi salah satu syarat pembuatan SIM. Usia 17 tahun diyakini cukup matang secara fisik dan mental. Mereka yang berusia 17 tahun dianggap mampu memikirkan mana yang berbahaya dan mana yang tidak.

Secara fisik, tinggi rata-rata usia ini sudah bisa menginjakkan kaki di tanah saat berkendara atau menginjak pedal mobil, kata Andry.

Ia mengatakan, mereka yang berusia di bawah 17 tahun masih berpotensi mengalami kecelakaan karena alasan mental dan fisik. Untuk urusan asuransi kecelakaan yang melibatkan anak di bawah usia 17 tahun, asuransi tidak dapat diklaim.

Sementara itu, usia 17 tahun diyakini memiliki rasa tanggung jawab. Dan dari sisi medis, rata-rata usia 17 tahun otak manusia sudah berkembang sempurna, terutama soal fokus, katanya.

Nyatanya, masih banyak anak di bawah umur yang mengemudikan kendaraan. Ini cukup berbahaya karena dari segi fisik dan mental, anak di bawah umur belum memenuhi syarat. Selain berbahaya bagi anak-anak itu sendiri, anak di bawah umur yang sedang mengemudi juga berbahaya bagi pengguna jalan lainnya.

Di Indonesia, jika tidak memiliki SIM, pengendara sepeda motor di bawah umur dapat dikenakan pasal 281 yang berbunyi “Setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki SIM dapat diancam dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau paling lama. denda Rp. 1 juta “.

Namun, tidak ada sanksi bagi orang tua yang mengizinkan anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor. Tidak seperti India, peraturan tentang mengemudi di bawah umur telah diperketat. Dewan Parlemen India mengeluarkan aturan baru terkait larangan anak di bawah umur untuk mengendarai kendaraan bermotor. Peraturan ini menekankan tanggung jawab orang tua yang mengizinkan anak di bawah umur untuk mengemudi.

Diberitakan Rushlane, orang tua yang anak di bawah umurnya kedapatan mengendarai kendaraan bermotor akan dikenai sanksi. Wali atau pemilik kendaraan yang mobil atau sepeda motornya digunakan oleh anak di bawah umur akan bertanggung jawab.

“Wali atau pemilik akan dianggap bermasalah. Denda 25.000 rupee (Rp. 5,1 juta) dengan 3 tahun penjara. Anak di bawah umur akan diadili di bawah peradilan anak. Pendaftaran kendaraan bermotor akan dihapus,” bunyi peraturan itu.

Aturan ini tentunya sangat ketat untuk memberantas penggunaan kendaraan bermotor oleh anak di bawah umur. Jika aturan serupa diterapkan di Indonesia, detikers setuju?

banner 300x250

Related posts

banner 300x250