Cukup Kaki kanan Untuk Mengemudikan Mobil Matic ?

  • Whatsapp
Cukup Kaki kanan Untuk Mengemudikan Mobil Matic ?
banner 300x250

Havana88detik – Berbeda dengan mobil bertransmisi manual, mobil matic hanya memiliki dua pedal. Masih banyak yang memperdebatkan bagaimana idealnya menggunakan dua pedal. Gunakan dua kaki, atau hanya kaki kanan?
Tanpa pedal kopling, mengendarai mobil matic sebenarnya lebih mudah dari pada mobil transmisi manual. Namun tidak bisa dipungkiri masih banyak yang salah kaprah dengan penggunaan pedal mobil matic.

Ada dua ‘aliran’ mobil yang menggunakan pedal transmisi otomatis. Yang pertama menggunakan kedua kaki: kaki kiri untuk menekan pedal rem dan kaki kanan untuk menekan pedal gas.

Yang kedua adalah mereka yang hanya menggunakan satu kaki. Baik pengereman maupun gas menggunakan kaki kanan.

Mana yang benar dan aman?

“Di sini orang sering keliru mengoperasikan pedal mobil matic. Jadi mengoperasikan pedal mobil matic dengan kaki kanan dan kiri tidak diperbolehkan. Anda hanya perlu menggunakan kaki kanan. Kaki kiri dibiarkan istirahat. Dan saat hendak mengerem. , pedal gas dilepas, “kata Training. Pengembangan, Kepala Seksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Aji Prima Barus Nurcahya, beberapa waktu lalu.

Jika pengemudi mobil matic terus memaksakan kakinya untuk stand by di kedua pedal, maka akan sulit untuk dikendalikan. Akibatnya, bisa terjadi kasus salah tekan pedal, yang berpotensi menimbulkan risiko kecelakaan.

Meski kaki kiri tidak berfungsi, bukan berarti tidak berfungsi saat kaki kanan digunakan untuk pengereman. Kaki kiri tetap dalam posisi standby.

“Kaki kiri diletakkan di footstep untuk ‘menyeimbangkan’ tubuh pengemudi sekaligus bersiap menghadapi kondisi ekstrim, terutama rem darurat, menikung dan lain-lain,” ujar Direktur Pelatihan Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, beberapa waktu lalu. .

Dalam dunia berkendara, ada teknik pengereman dengan menggunakan kaki kiri. Namun, hal itu dilakukan oleh para profesional.

“Pengemudi / pengemudi mahir melakukan itu di tikungan tumpul. Namanya Left Foot Braking. Untuk pemula tidak disarankan,” ucapnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250