Desainer Andya Kartika meluncurkan Mukena Seri Pertama Nusantara

  • Whatsapp
Insan seni merayakan HUT ke-76 kemerdekaan Indonesia pada Selasa (17/8/2021). Salah satunya, desainer Andy Kartika yang meluncurkan mukena seri pertama Nusantara.
banner 300x250

Havana88- Insan seni merayakan HUT ke-76 kemerdekaan Indonesia pada Selasa (17/8/2021). Salah satunya, desainer Andya Kartika yang meluncurkan mukena seri pertama Nusantara.

Seri Nusantara pertama dari lini busana Saskara, menampilkan Purak Barik, diambil dari nama gerakan rangkong, pemilik paruh besar yang menawan.

Read More

Gerakan indah ini digambarkan dalam tarian khas Dayak. Andy Kartika menjelaskan, Purak Barik merupakan bagian pertama dari rangkaian 34 Nusantara yang akan diluncurkannya.

Tanggung jawab untuk Melestarikan

“Mukena sudah menjadi bagian dari budaya saat Islam masuk ke Nusantara,” kata Andya Kartika melalui siaran pers yang diterima Showbiz Liputan6.com, Selasa (17/8/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, para insan seni, termasuk desainer, memiliki tanggung jawab untuk melestarikan budaya Indonesia melalui karya-karyanya. Andy melestarikannya lewat serial Nusantara.

Mengeluh pada Budaya

“Koleksi ini mengacu pada budaya yang ada di Nusantara. Harapannya, masyarakat bisa mengenal kekayaan seni, budaya, dan keanekaragaman hayati Indonesia melalui mukena ini,” harap Andy.

Disinggung peluncuran seri Nusantara pada 17 Agustus 2021, Andy punya alasan khusus. Dia berharap ini akan menjadi hadiah untuk Ibu Pertiwi. Ini juga berbicara tentang keragaman.

Ingatkan Keberagaman

“Saya ingin mengingatkan tentang keragaman dan kekayaan budaya Indonesia,” kata Andy Kartika seraya mengingatkan bahwa seri Purak Barik bukanlah akhir melainkan langkah awal.

“Saya akan meluncurkan 33 seri lagi, yang berasal dari 33 provinsi di Indonesia. Pilihan motif, warna, dan bahan menjadi pembeda di setiap seri yang diluncurkan,” imbuhnya.

Purak Barik

Purak Barik menyapa pecinta seni khususnya fashion dengan tiga pilihan warna yaitu Black Onyx, Alabaster Gleam, dan Peach Skin. Kehadirannya diharapkan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Menariknya, seri Nusantara pertama terinspirasi dari provinsi termuda atau provinsi ke-34 Indonesia yaitu Kalimantan Utara yang beribukota Tarakan.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250