Diawasi Sebelum Disuntik Vaksin Pasien Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi vaksin corona, vaksin covid-19
banner 300x250

Havana88detik – Ketua Satgas Covid-19 (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, vaksinasi Covid-19 merupakan keharusan untuk mengendalikan pandemi di Indonesia. Namun, ada syarat tertentu warga tidak bisa menerima vaksin Covid-19.

Dalam diskusi virtual, kata Zubairi, pasien dengan penyakit penyerta yang sewaktu-waktu bisa kambuh harus dimonitor sebelum disuntik vaksin Covid-19.

Read More

“Prinsipnya kalau ada penyakit yang terkontrol dengan baik, tinggalkan saja vaksinnya, atau misalnya diabetes jika terkontrol dengan baik, itu memungkinkan,” kata Zubairi, Sabtu (19/12/2020).

Saat ini, kata Zubairi, belum ada satu pun vaksin Covid-19 di dunia yang lolos fase ketiga. Yakni tahapan yang meliputi hasil pemantauan reaksi dan efektivitas vaksin pada manusia. Namun, suntikan vaksin saat ini di banyak negara merupakan izin darurat.

Vaksin Aman

Namun terkait keamanan, Zubairi memastikan semua vaksin yang ada saat ini telah teruji dengan baik.

“Keputusan BPOM harus kita patuhi. Begitu izin EUA (Emergency Use Authorization) dikeluarkan, tentu kita menyambut baik dan gratis. Demi keamanan dan efektivitas keamanan, kewenangannya ada pada BPOM,” ujarnya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

banner 300x250

Related posts

banner 300x250