Ditanya Wartawan Soal Situasi Di Afghanistan, Biden Ngeloyor Pergi

  • Whatsapp
Wartawan di Gedung Putih dibuat tercengang setelah Presiden AS Joe Biden menolak untuk menerima pertanyaan apapun mengenai penarikan pasukan AS dari Afghanistan.
banner 300x250

Havana88 –    Wartawan di Gedung Putih dibuat tercengang setelah Presiden AS Joe Biden menolak untuk menerima pertanyaan apapun mengenai penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Seperti dilansir media Sky News, Kamis (19/8/2021), dalam konferensi pers di Gedung Putih, Biden membuat pernyataan terkait program vaksinasi nasional COVID-19 dan keinginannya bagi warga Amerika yang rentan untuk menerima suntikan vaksin booster.

Dalam pernyataannya kepada pers Gedung Putih, Biden tidak menyebutkan kekacauan di Afghanistan setelah Taliban dengan cepat mendapatkan kembali kendali atas negara itu.

Menurut Sky News, setelah Biden membuat pernyataan tentang vaksinasi, sejumlah wartawan mengajukan pertanyaan tentang situasi di Afghanistan. Namun, Biden mengabaikan mereka dan segera meninggalkan konferensi pers.

Diketahui bahwa kekacauan pecah di bandara internasional Kabul ketika ribuan orang membanjiri bandara untuk keluar dari Afghanistan, menyusul kemenangan Taliban atas militer Afghanistan. Kekacauan tersebut telah memicu kecaman luas, baik di Amerika maupun di seluruh dunia.

Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas dalam insiden di dalam dan sekitar Bandara Kabul sejak Minggu (15/8) waktu setempat. Seperti dilansir Reuters, Kamis (19/8/2021), informasi tersebut diungkapkan oleh sumber NATO dan seorang pejabat Taliban yang tidak disebutkan namanya.

Menurut pejabat Taliban yang dikutip Reuters, kematian tersebut dipicu oleh insiden terinjak-injak ketika orang mencoba memasuki bandara dengan harapan terbang keluar dari Afghanistan, atau oleh insiden penembakan yang terjadi di area bandara.
Diketahui, negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat, berupaya mengevakuasi para diplomat dan warganya, serta warga Afghanistan yang berhak dievakuasi dari negara tersebut. AS bahkan telah mengerahkan ribuan pasukan untuk mengamankan proses evakuasi.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250