Ekonomi Sudah Mulai Hidup Kembali

  • Whatsapp
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyebut bahwa tanda-tanda dan tren pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 mulai terlihat.
banner 300x250

Havana88detik – Menjelang pergantian tahun, pemerintah telah menyiapkan rencana pemulihan ekonomi yang pada tahun 2020 akan tergerus pandemi Covid-19. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tren peningkatan perekonomian semakin terasa.

“Tanda-tandanya trend sudah terlihat. Dengan vaksinasi maka kepercayaan dan rasa aman masyarakat akan semakin tinggi. Jika kepercayaan pada rasa aman semakin tinggi maka masyarakat akan aktif. Karena ekonomi sangat erat kaitannya dengan mobilitas. , “kata Airlangga. dialog ‘Outlook 2021: Wajah Indonesia Pasca Pandemi’, Kamis (24/12).

Read More

Meski demikian, menurutnya pemerintah tetap fokus pada aspek kesehatan masyarakat. Ia mengatakan, pemerintah akan mengeluarkan anggaran kesehatan yang tinggi pada 2021, terutama terkait program vaksinasi nasional.

“Pemerintah sudah menganggarkan untuk vaksinasi. Dari pembahasan anggaran, sekitar Rp 63 hingga Rp 73 triliun harus disediakan untuk vaksinasi,” kata Airlangga.

Sebagai upaya pemulihan ekonomi, pemerintah juga terus menggenjot daya beli masyarakat dengan program perlindungan sosial.

Selain itu, pemerintah juga akan memulihkan perekonomian dari sektor UMKM. Airlangga mengatakan pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp48,8 triliun untuk sektor UMKM pada tahun 2021.

Bagi Airlangga, anggaran pemulihan ekonomi tersebut tidak mengesampingkan APBN untuk bidang kesehatan.

“Bagian utama pemerintah jelas masih di bidang kesehatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo mengatakan, kunci kesembuhan dari pandemi juga ada di tangan masyarakat.

Doni menegaskan, kunci utama keluar dari pandemi adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kalau kita memang ingin menurunkan kasus, kuncinya hanya satu, disiplin. Tidak ada yang lain. Disiplin, taatilah aturan kesehatan,” kata Doni.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250