Renovasi Ruang Kerja Rp 5 M, PKB Minta Nadiem Mengasah Sense of Crisis

  • Whatsapp
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim berencana merenovasi ruang kerja dengan total biaya lebih dari Rp 5 miliar.
banner 300x250

Havana88- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim berencana merenovasi ruang kerja dengan total biaya lebih dari Rp 5 miliar.

Terkait hal itu, Anggota Fraksi PKB DPR, Daniel Johan menyatakan rencana renovasi ruang kerja Nadiem Makarim tidak tepat mengingat anggaran negara yang terbatas di tengah situasi pandemi dan pentingnya program kerakyatan.

Read More

“Di tengah keterbatasan anggaran, bahkan ada pemotongan besar-besaran untuk program-program penting kerakyatan,” ujarnya, Jumat (9/10/2021).

Daniel mengatakan, renovasi seharusnya ditunda mengingat ruang kerja Nadiem masih layak.

Ia juga meminta Nadiem untuk lebih mempertajam rasa krisisnya. Karena renovasi ruangan tidak dibutuhkan oleh masyarakat di masa pandemi.

“Mereka harus lebih mengasah rasa krisisnya, masyarakat berharap akan muncul terobosan-terobosan cerdas yang mampu mengatasi hambatan pandemi, sayangnya tidak muncul,” pungkasnya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi berencana merenovasi ruang kerja Mendikbudristek Nadiem Makarim. Total biaya renovasi yang dikeluarkan lebih dari Rp 5 miliar.

Hal itu terungkap dari lpse.kemdikbud.go.id. Dari website tersebut disebutkan bahwa penataan ruang kerja dan ruang pertemuan di gedung A. Nilai plafon paket adalah Rp. 6.500.000.000 dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) adalah Rp. 5.391.8858.505. Unit kerja dalam hal ini adalah biro umum dan pengadaan barang dan jasa.

Redaksi juga menerima file PDF terkait rencana renovasi ruangan menteri. Dalam PDF setebal 6 halaman tersebut, tertulis bagian-bagian ruangan yang akan direnovasi, antara lain ruang privat atau ruang Nadiem, ruang semi privat, ruang publik dan ruang servis.

Tanggapan Kemendikbudristek

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Catharina Girsang mengaku belum mengetahui adanya renovasi kamar Nadiem tersebut. Menurutnya, ada banyak ruangan di gedung Kemendikbud.

“Maaf, saya tidak tahu kalau ada kamar yang sudah direnovasi karena terlalu banyak kamar,” ujarnya melalui pesan, Kamis (9/9/2021).

Sementara itu, Pj Dirjen Dikti, Ristek Kemendikbud, Nizam juga belum mengetahui adanya renovasi tersebut. Katanya, ini ranah biro umum.

“Wah, saya malah tidak tahu. Itu di biro umum,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa Kemendikbudristek, Triyantoro belum menanggapi renovasi tersebut. Dia hanya membaca pesan ketika ditanya tentang hal itu.

Sekjen Kemendikbud Suharti juga tidak menjawab saat ditanya urgensi rencana renovasi ruang kementerian di masa pandemi.

Sementara itu, Staf Khusus Nadiem, Hamid Muhammad, menolak menjawab pertanyaan renovasi kamar Menteri Nadiem yang menelan biaya hingga Rp 5 miliar. Ia menilai, hal itu tidak substantif.

“Jika ingin bertanya, tanyakan hal-hal yang sifatnya substantif. Kebijakan, program dan target kinerja yang sudah tercapai dan yang belum. Itu juga harus ditanyakan kepada eselon I atau eselon II yang menyelenggarakan program tersebut,” ujarnya. dikatakan.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250