Indonesia Masih Kalah Jauh, Penduduk AS Sudah Suntik Vaksin 100 Juta Orang

  • Whatsapp
Indonesia Masih Kalah Jauh, Penduduk AS Sudah Suntik Vaksin 100 Juta Orang
banner 300x250

Havana88 – As yang merupakan negara dengan jumlah kasus tertinggi di dunia berupaya menangani Covid-19 secara serius pasca Biden terpilih menjadi presiden.

Berdasarkan data dari Universitas John Hopkins pada sabtu 3 April, jumlah kasus Covid-19 di AS mencapai 30,5 juta.

Read More

Angka kematian dari 30,5 juta pasien Covid-19 yang mencapai 553 ribu mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan program vaksin bagi warga AS.

Vaksin Untuk 100 Juta Lebih Penduduk

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada jumat (2/4) menginformasikan vaksin covid-19 sudah diberikan kepada lebih dari 100 juta penduduk.

Catatan dari CDC secara presisi, 101.804.727 orang setidaknya satu dosis vaksin. Angka tersebut mewakli 30 persen dari penduduk AS. Sementara hampir 58 juta dari mereka sudah divaksin secara penuh.

Pemerintah AS memprioritaskan vaksin untuk warga yang berusia 65 tahun ke atas lantaran lebih rentan terkena Covid-19.

Biden Ingin Mempercepat Vaksinasi

Pelakasanaan vaksinasi di AS diharapkan lebih cepat dari yang direncanakan. Biden berkomitmen akan mencapai 90 persen orang dewasa AS yang telah divaksin pada 19 April mendatang.

Ia menjanjikan akan menggelontorkan 200 juta dosis vaksin pada 100 hari pertama kepemimpinannya. Bahkan ia punya ambisi lebih, sehingga dua kali lipat dari target tersebut sudah tercapai pada Maret bulan lalu.

Indonesia Masih Tersendat Negosiasi

Jika dibandingkan dengan program pemerintah Indonesia, 100 juta vaksin yang dilakukan AS sudah hampir mengcover kebutuhan vaksin rakyat Indonesia. Pasalnya program vaksin nasional direncanakan menyasar sebanyak 181, 5 juta penduduk Indonesia.

Juru bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi masih melakukan negosiasi kepada produsen. Prosesnya belum menemukan titik terang. Bahkan ia mengaku belum bisa memastikan berapa lama penundaan vaksin tahap tiga tersebut.

Akibat dari embargo vaksin India, Indonesia gagal kedatangan 2,5 juta vaksin dari AstraZeneca pada Maret. Seharusnya vaksin yang sama akan datang sebanyak 7,8 juta dosis pada April bulan ini.

Untuk menciptakan kekebalan kelompok, pemerintah harus menyelesaikan vaksin setidaknya pada 60 hingga 70 persen penduduk.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250