Industri Comic Amerika Mulai Termakan Manga Jepang

  • Whatsapp
Industri Comic Amerika Mulai Termakan Manga Jepang
banner 300x250

Havana88detik – Anda tentu tahu karakter superhero seperti Batman, Superman, Ironman dan Spiderman. Karakter ini semua berasal dari comic Amerika. Banyak orang pasti beranggapan industri comic di Amerika masih sukses mengingat kesuksesan film superhero beberapa tahun lalu. Sayangnya Industri comic Amerika perlahan mulai mati karena Manga dari Jepang.

Populer Belum Tentu Tanda Sukses

Walaupun sukses menyebarkan nama superhero, penjualan comic Amerika terus menurun tiap bulannya. Banyak orang tidak ingin beli comic dan lebih suka menunggu film keluar. Hal ini tentu menggerus keuntungan dari comic.

Selain itu, comic Amerika tergolong sulit diikuti. Bagi yang belum pernah baca comic superhero dari Marvel atau DC, mereka pasti bingung harus mulai dari mana. Tipa superhero memiliki versi berbeda karena pengarangnya juga berbeda.

Contoh saja seri Batman yang keluar di tahun 90-an akan berbeda dengan karakter Batman yang muncul di seri BatMetal beberapa tahun lalu. Walaupun karakter yang digunakan dalam cerita sama, orang yang membuat cerita itu berbeda dan tidak peduli tentang keberlanjutan cerita.

Comic Menurun Tapi Manga Jepang Meningkat

Hal inilah yang membuat comic gagal menggaet pembaca baru. Di sisi lain, Manga menjadi contoh utama pesaing yang sukses. Manga adalah komik Jepang dan sekarang lebih banyak dikonsumsi karena peningkatan konsumsi Anime.

Netflix dan bahkan YouTube menjadi bukti bahwa culture Anime sudah mainstream. Tayangan animasi Jepang ini menjadi kunci penyebaran manga. Bagi fans Anime, mereka dengan mudah menjadi fans Manga.

Konsep Manga juga mudah diikuti. Ada seri volume yang jelas dan pengarangnya selalu sama. Hal ini membuat cerita selalu konsisten, art selalu konsisten dan juga memiliki ending. Manga yang populer dibeli contohnya adalah OnePiece, Boku No Hero Academia dan Demon Slayer.

Penurunan Industri comic Amerika sebenarnya sudah lama berjalan, kurang lebih sejak 2016 lalu. Tapi karena Pandemi, akselerasi penurunan lebih cepat. Saat demand kecil, Comic Amerika sulit beredar. Walaupun sudah berusaha merubah penjualan jadi sistem digital, Manga sudah sukses melakukan hal ini sejak 2018 lalu. Comic Amerika sepertinya akan mati beberapa tahun mendatang jika tidak diarahkan lebih baik dan dirombak dari awal.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250