Jokowi: Vaksin Covid-19 Gratis, PT Bio Farma Siap Mendukung

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020).
banner 300x250

Havana88detik – PT Bio Farma menyatakan siap mendukung kebijakan pemerintah yang akan memberantas semua vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Badan usaha milik negara itu mengaku akan bertindak sesuai arahan pemerintah.

“Kami siap mendukung kebijakan pemerintah,” kata juru bicara PT Bio Farma, Bambang Heriyanto, saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (15/12/2020).

Read More

Terkait regulasi dan pendistribusian vaksin gratis Covid-19, Bio Farma telah mengajukan kepada Kementerian Kesehatan yang berwenang menyusun Permenkes (RPMK) tentang Pengadaan Vaksin dan Penyelenggaraan Imunisasi.

“Petunjuk teknisnya dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia. Keputusan ini diambil setelah mendapat masukan dan menghitung ulang keuangan negara.

“Saya bisa katakan vaksin Covid-19 untuk masyarakat itu gratis, gratis,” kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Prioritas Anggaran

Usai keputusan itu, Jokowi menginstruksikan jajarannya di kementerian dan lembaga untuk memprioritaskan program vaksinasi pada anggaran 2021.

Ia juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalokasikan kembali anggaran untuk program vaksinasi gratis.

“Saya perintahkan Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan realokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan vaksin gratis ini agar tidak ada alasan masyarakat untuk tidak mendapat vaksin,” kata Jokowi. Setelah keputusan itu dikeluarkan, Jokowi menginstruksikan jajarannya. di kementerian dan lembaga untuk memprioritaskan program vaksinasi dalam anggaran 2021.

Ia juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalokasikan kembali anggaran untuk program vaksinasi gratis.

“Saya menginstruksikan Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan mengalokasikan kembali anggaran lain terkait ketersediaan vaksin gratis ini agar tidak ada alasan masyarakat tidak mendapatkan vaksin,” kata Jokowi.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250