Korut Batal Tampil Olimpiade Tokyo 2020, Penyelenggara Tunggu Konfirmasi

  • Whatsapp
Korut Batal Tampil Olimpiade Tokyo 2020, Penyelenggara Tunggu Konfirmasi
banner 300x250

Havana88 – Korea Utara kini menarik diri dari Olimpiade Tokyo 2020. Ini bisa jadi dikarenakan dampak pandemi virus corona, covid-19 yang masih belum berakhir. Sehingga, memaksa Kim Jong Un untuk menolak memberangkatkan para atletnya.

Sikap itu disampaikan oleh Pemerintah Korea Utara via salah satu situs yang sudah di kelola oleh Kementerian Olahraga, di negara tersebut. Sementara itu, otoritas Jepang telah membantah semua laporan terkait rencana boikot yang dilakukan Korea utara.

Read More

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato mengatakan pemerintahnya masih mempertahankan keyakinan, bahwa sebagian besar negara tetap ikut dan bergabung dalam olimpiade.

Ia juga menjanjikan berbagai tindakan untuk mencegah penyebaran covid-19 selama acara berlangsung.

Sementara Tamayo Marukawa, Menteri Olimpiade Jepang mengatakan kepada wartawan, pada hari Selasa, bahwa ia masih mengkonfirmasi rinciannya, sehingga tidak bisa langsung memberikan komentar untuk masalah tersebut.

Sedangkan Komite Olimpiade Jepang, seperti dilansir oleh Aljazera, mengatakan bahwa Korea Utara belum memberi tahu negaranya tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo tersebut.

Di sisi lain, Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyayangkan atas tindakan yang dilakukan oleh Korut. Menurut mereka, Olimpiade Tokyo bisa berpotensi untuk meningkatkan hubungan antar Korsel dan Korut.

Akibat Covid-19, Olimpiade Tokyo Tertunda 12 Tahun

Seperti yang diketahui, Olimpiade Tokyo 2020 harusnya dilaksanakan pada bulan Juli lalu. Namun, pandemi virus corona, covid-19 memaksa ajang ini untuk diundur selama 12 bulan, bahkan sampai tahun ini.

Kini, sejumlah peraturan ketat sudah diterbitkan oleh pihak penyelenggara untuk menjaga keselamatan para peserta hajatan tersebut.

Bulan lalu, pihak penyelenggara akhirnya melarang penonton dari luar negeri untuk menonton Olimpiade Tokyo 2020. Sementara itu, para atlet yang akan bertanding, sejumlah 30 ribu orang harus melaksanakan vaksinasi terlebih dulu.

Jepang Masih Punya Kasus yang Mengalami Peningkatan

Sebenarnya, Jepang sendiri belum benar-benar bebas dari pandemi covid-19. Bahkan, temuan kasus covid-19 masih sering ditemukan, termasuk di lokasi pemusatan latihan tim polo air.

Gara-gara pandemi pun, pawai obor dari Osaka juga terpaksa dibatalkan karena kasus baru yang meningkat drastis darisana.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250