KPK Usut Aliran Uang PT Bumi Rejo yang Diperintahkan Bupati Banjarnegara

  • Whatsapp
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa kasir PT Bumi Rejo Susi Widiyanti pada Rabu, 8 September 2021. PT Bumi Rejo diduga milik Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang didakwa melakukan korupsi pengadaan barang dan jasa di Banjarnegara dan gratifikasi.
banner 300x250

Havana88- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa kasir PT Bumi Rejo Susi Widiyanti pada Rabu, 8 September 2021. PT Bumi Rejo diduga milik Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang didakwa melakukan korupsi pengadaan barang dan jasa di Banjarnegara dan gratifikasi.

“Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait administrasi pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang atas perintah tersangka BS (Budhi Sarwono),” kata Pj Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (9/9). /2021).

Read More

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono didakwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek infrastruktur. Budhi diduga ikut serta dalam pengerjaan kontrak atau proyek, baik secara langsung maupun tidak langsung di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Budhi terjerat dengan pihak swasta, Kedy Afandi, sebagai orang kepercayaan Budhi.

Kasus ini bermula pada tahun 2017, saat Budhi diangkat menjadi Bupati Banjarnegara. Saat itu, Budhi memerintahkan Kedy yang merupakan tim suksesnya untuk memimpin rapat koordinasi yang dihadiri perwakilan asosiasi jasa konstruksi se-Kabupaten Banjarnegara yang bertempat di salah satu rumah makan.

Dalam pertemuan tersebut, sesuai arahan dan arahan Budhi, Kedy menyampaikan bahwa paket proyek pekerjaan akan dilonggarkan dengan menaikkan harga perkiraan sendiri (HPS) sebesar 20% dari nilai proyek dan bagi perusahaan yang ingin menerima paket proyek tersebut akan diberikan diwajibkan untuk memberikan biaya komitmen 10%. dari nilai proyek.

Rapat lanjutan kembali digelar di kediaman pribadi Budhi yang dihadiri oleh beberapa perwakilan Gabungan Gapensi Banjarnegara. Budhi secara langsung mengatakan akan meningkatkan HPS sebesar 20% dari harga saat ini, dengan pembagian lebih lanjut sebesar 10% untuk Budhi sebagai biaya komitmen dan 10% sebagai keuntungan mitra.

Dipantau dan Disutradarai Budhi

Budhi juga berperan aktif memantau langsung pelaksanaan tender pekerjaan infrastruktur, antara lain pendistribusian paket pekerjaan di Dinas PUPR, melibatkan perusahaan milik keluarganya, dan penentuan pemenang lelang.

Kedy juga selalu diawasi dan diarahkan oleh Budhi saat melakukan pengaturan pembagian paket pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh perusahaan Budhi yang merupakan bagian dari grup Bumi Redjo (BM).

Penerimaan Budhi atas biaya komitmen 10% dilakukan secara langsung atau melalui perantaraan Kedy. Diduga Budhi telah menerima komitmen fee untuk berbagai pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara sekitar Rp. 2,1 miliar.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250