Ledakan Genshin Impact Membuat Banyak Orang Sadar Akan Genre Game Gacha

  • Whatsapp
Ledakan Genshin Impact Membuat Banyak Orang Sadar Akan Genre Game Gacha
banner 300x250

Havana88detikGenshin Impact merupakan game yang diluncurkan pada Oktober 2020 dan meledak dengan cepat. Game gratis ini bisa dimainkan di PS4/5, PC dan juga mobile. Karena bisa diakses banyak tempat dan tidak berbayar, tentu banyak orang banyak yang coba. Setelah sadar bahwa game ini memiliki unsur action RPG dengan sentuhan eksplorasi layaknya Breath of The Wild, akhirnya game ini meledak popularitasnya.

Walaupun populer, banyak hal negatif yang muncul karenanya. Mengapa hal ini bisa negatif? Hal ini berhubungan dengan sistem gacha Genshin Impact. Pengetahuan tentang predatory system dalam game ini, bisa mengarah ke tempat tidak sehat saat menyentuh khalayak mainstream.

Read More

Popularitas yang Membawa Kesadaran

Karena game ini ada di banyak platform, semua orang bisa coba tanpa halangan yang sulit. Para gamer casual, gamer mobile, gamer hardcore mmo dan fans RPG bisa mencoba game ini. Saat orang yang belum pernah memainkan game gacha bertemu dengan sistem random roll berbayar, mereka cukup kaget.

Banyak yang menganggap hal ini predatory. Jika mereka tidak dapatkan karakter  yang diinginkan setelah banyak roll, tentu wajar jika merasa kecewa dan marah. Tapi disisi lain, hal seperti ini memang bagian dari gacha game yang populer di platform mobile.

Jika Anda kunjungi forum ataupun social media dari Genshin Impact, Anda akan temukan banyak yang komplain soal ini. Mereka komplain karena rate gacha yang rendah dan tidak dapatkan karakter yang diinginkan. Hal seperti ini biasa ditemukan berukuran kecil saat menggali komunitas gacha game lain. Tapi saat berbicara soal Genshin Impact, ceritanya berbeda.

Banyak orang yang tidak biasa menghadapi gacha game ingin sistem ini dihilangkan. Jika suara ini keras di mainstream, tentu ada lirikan pihak – pihak legislatif yang bisa campur tangan. Lootbox dalam gaming sudah mulai dilirik pemerintah Eropa dan Amerika untuk mendapatkan aturan tersendiri. Banyak yang mengatakan hal ini judi. Gacha adalah bentuk lain dari lootbox dan tentu saja bisa terkena aturan yang sama.

Mengapa Hal Ini Negatif?

Hilangnya sistem predatory seperti gacha tentu baik. Tapi di sisi lain, game seperti Genshin Impact tidak akan keluar lagi jika sistem ini dihilangkan. Bayangkan jika Genshin Impact menggunakan jalur beli karakter langsung seperti DLC. Pemasukan perusahaan pasti lebih kecil. Jika pemasukan kecil, perusahaan pasti enggan membuat konten ambisius seperti dunia Teyvat di Genshin Impact. Jika sudah tidak lagi ambisius, banyak orang pasti pergi cari game lain yang lebih booming. Lama kelamaan game ini pasti mati.

Sampai saat ini hanya Warframe yang bisa berjalan terus dengan dukungan komunitasnya sebagai game gratis. Tapi di sisi lain, mereka mengorbankan kualitas dan konten karena pemasukan yang tidak banyak. Jika Anda cek, update Warframe sekarang tidak begitu impactful. Hanya raid dan konten grinding. Sedangkan waktu update content baru cukup lama dan terkadang keluar dengan tidak komplit.

Jika sampai pemerintah mengatur gacha Genshin Impact, game ini pasti tidak akan sama lagi. Sayangnya untuk memperbaiki game yang sudah terlanjur bergantung dengan gacha ini tidak semudah yang gamer mainstream inginkan.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250