Mendagri: Jangan Terlena Penurunan Covid-19, Kita Berhadapan dengan Varian Delta

  • Whatsapp
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat tidak berpuas diri dengan penurunan kasus Covid-19. Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
banner 300x250

Havana88- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat tidak berpuas diri dengan penurunan kasus Covid-19. Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pasalnya, kata Tito, hingga kini masyarakat masih bersanding dengan Covid-19 dan mutasinya yang menghasilkan varian Delta. Apalagi varian Delta ini dikatakan lebih menular dari virus aslinya.

Read More

“Semua perkembangan yang baik ini tentu kita sambut baik, dan ini juga sama, di tingkat nasional juga. Tapi kita harus hati-hati, jangan terbawa suasana karena kita berhadapan dengan varian Delta,” kata Tito, dikutip dari siaran pers, Minggu (5/9/ 2021).

Menurutnya, varian Delta Covid-19 telah meningkatkan jumlah kasus penularan virus corona di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Namun, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan penurunan.

Tito mengklaim hal itu karena adanya kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan zonasi dan kebijakan tingkat wilayah serta vaksinasi. Kemudian, penurunan kasus dikatakan karena peningkatan perawatan, dan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat.

“Dengan tindakan PPKM dan lain-lain, protokol kesehatan, perbaikan pengobatan, alhamdulillah trennya menurun,” ujarnya.

Namun, dia menekankan kewaspadaan dalam menghadapi skenario terburuk, termasuk menangani varian Delta, tetap harus diwaspadai. Tito meminta setiap daerah tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19.

Jauhi keramaian

Untuk itu, ia mengimbau agar penerapan protokol kesehatan dilakukan secara konsisten. Selain itu, Tito menyampaikan pemerintah daerah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 agar herd immunity atau kekebalan komunal segera terbentuk.

“Jangan pernah berhenti terutama pakai masker, lalu deteksi juga keramaian, bersinergi dengan semua pihak agar keramaian yang berpotensi penularan bisa dikurangi,” kata Tito.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250