Nakes Pingsan Kelelahan, Antrean Wisma Atlet Bak Terminal

  • Whatsapp
Nakes Pingsan Kelelahan, Antrean Wisma Atlet Bak Terminal
banner 300x250

Havana88 – Jumlah pasien yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, bertambah. Antrean panjang terus berlanjut hingga petugas kesehatan dikatakan kelelahan.

Salah satu warga Jakarta, Arif Odoy mengatakan, antrian pasien Covid-19 biasanya mulai ramai pada sore hingga malam hari.

Read More

Pasien biasanya banyak yang datang setelah maghrib, ratusan pasien datang menggunakan bus sekolah. Jumlah tersebut, kata dia, tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di Wisma Atlet. Kondisi tenaga kesehatan juga kurang, pelayanan banyak yang mengeluh karena tenaga kesehatan yang kurang.

Odoy bahkan mengaku sempat bertemu dengan dua petugas kesehatan yang pingsan karena kelelahan, itu karena mereka dehidrasi dan lelah

Ia mengatakan, jumlah pasien di Wisma Atlet mulai meningkat sejak Sabtu (12/6) pekan lalu. Pada saat itu, banyak pasien yang sedang menunggu giliran masuk sambil duduk di lantai. Menurut Odoy, waktu antrian memakan waktu 3-4 jam.

“Mulai loncat Sabtu, Minggu malam. Ini kan orang jahat banget, kayak terminalnya nyangkut di bawah saja,” ujarnya.

Odoy menduga pasien COVID-19 berasal dari klaster keluarga ke klaster mudik. Ia menemukan sebuah keluarga yang terdiri dari anak, ibu, dan mertua sedang dirawat di Wisma Atlet.

Bed Occupancy Rate (BOR) Wisma Atlet menurut informasi mencapai 77,49 persen pada Kamis (17/6).

Sebelumnya, manajemen Wisma Atlet telah meningkatkan kapasitas 1.400 unit menjadi 7.394 tempat tidur.

Besaran BOR tersebut sudah mendekati ambang batas aman yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) yaitu 60 persen.

Hingga Kamis (17/6) pukul 08.00 WIB, RS Wisma Atlet menerima 179 pasien baru, sehingga total pasien yang dirawat menjadi 5.730 orang.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250