Pembongkaran sindikat yang dicurigai sebagai pembuat vaksin Corona palsu

  • Whatsapp
Pembongkaran sindikat yang dicurigai sebagai pembuat vaksin Corona palsu
banner 300x250

Havana88detik – Organisasi kepolisian internasional Interpol telah mengumumkan pembongkaran sindikat yang diduga memproduksi vaksin Corona palsu.
Dikutip dari BBC, Interpol menyebutkan bahwa polisi di China dan Afrika Selatan (Afrika Selatan) telah melakukan puluhan kasus penangkapan dan menyita ribuan dosis vaksin Corona palsu.

Di China, polisi berhasil melakukan 80 kasus penangkapan. Di sana, mereka menemukan sedikitnya 3.000 dosis vaksin Corona palsu.

Read More

Sementara itu, tiga warga negara China dan satu warga Zambia ditahan di sebuah gudang di Gauteng, Afrika Selatan. Sebanyak 2.400 dosis vaksin Corona palsu ditemukan di tempat itu.

Interpol juga menegaskan vaksin palsu tersebut tidak memiliki izin edar. Disebutkan, vaksin ini sudah menyebar dan dijual secara online.

“Setiap vaksin yang diiklankan di situs web atau web gelap, tidak akan legal, tidak akan diuji dan mungkin berbahaya,” tegasnya.

Hal ini menjadi perhatian karena vaksin merupakan alat penting untuk mengatasi pandemi COVID-19. Apalagi ketatnya persaingan di semua negara untuk membeli vaksin telah menciptakan sejumlah kekurangan, sehingga bermunculan banyak vaksin palsu.

Sekretaris Jenderal Interpol Jurgen Stock juga mengatakan ini hanya “puncak gunung es” dari kejahatan yang terkait dengan vaksin Corona.

Pada bulan Desember, Interpol mengeluarkan peringatan global di 194 negara untuk bersiap menghadapi jaringan kejahatan terorganisir yang menargetkan vaksin Corona. Mereka juga memberikan saran tentang cara mengidentifikasi produk medis palsu.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250