Polisi Mendapat Informasi Ada 91 Orang Yang Pernah Dilatih Jamaah Islamiyah

  • Whatsapp
Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono
banner 300x250

Havana88detik – Kabid Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, polisi mendapat informasi ada 91 orang yang pernah dilatih Jamaah Islamiyah (JI) menjadi teroris. Bahkan 66 di antaranya siap dikirim ke Suriah. Dengan itu, Argo mengatakan kader teroris muda yang dilakukan oleh Jamaah Islamiyah sangat rapi.

Argo juga menuturkan, sebagian sudah berangkat ke Suriah dan kembali ke Indonesia. Namun, Argo tak menyebut jumlahnya.

Read More

“Mereka (Jamaah Islamiyah) sudah mempersiapkan diri dengan latihan khusus untuk mempersiapkan pasukan menghadapi musuh yaitu negara dan aparat,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/12/2020) malam.

“Kebanyakan dari mereka juga telah berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok teror di sana dan berperan aktif dalam konflik di Suriah,” tambahnya.

Argo menjelaskan, ada dua orang yang bertugas menyiapkan kader teroris. Mereka adalah Parawijayanto sebagai penanggung jawab atau emir Jamaah Islamiyah dan Joko Priyono alias Karso sebagai koordinator pelatihan.

Argo menyampaikan Densus 88 terus memantau jaringan teror di Indonesia. Sejumlah kader teroris Jaringan Islamiyah juga ditangkap.

Secara spesifik, Densus 88 telah memberlakukan UU terhadap 20 peserta diklat Jamaah Islamiyah, kata Argo.

23 Tersangka Teroris Ditangkap

Seperti diketahui sebelumnya, Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap 23 terduga teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI) di 8 lokasi, yakni di Lampung Selatan, Lampung Tengah, Bandar Lampung, Pringsewu, Metro, Jambi, Riau, dan Palembang. Dua dari 23 orang yang ditangkap adalah Komandan Askari JI, yakni Taufik Bulaga alias Upik Lawanga dan Zulkarnain alias Arif Sunarso.

Selain menangkap tersangka, Densus 88 juga berhasil mengungkap keberadaan bunker di rumah Upik Lawanga di Lampung yang digunakan untuk menyembunyikan dan menyimpan senjata rakitan.

Barang bukti yang disita dari rumah Upik berisi senjata rakitan dan bunker, kata Argo.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250