Polisi Mengungkap Tiga Sumber Keuangan Kelompok Jamaah Islamiyah

  • Whatsapp
Ilustrasi Foto Teroris
banner 300x250

Havana88detik – Polisi mengungkap tiga sumber dana bagi kelompok Jamaah Islamiyah (JI) untuk mendanai kegiatannya. Salah satunya dari One Care Foundation.

Namun, Lembaga Kemanusiaan One Care membantah keras tuduhan polisi tersebut. Ia menegaskan, lembaga kemanusiaan aktif mengelola donasi untuk kegiatan sosial, bukan aksi terorisme.

Read More

“Organisasi kemanusiaan One Car bersifat mandiri, hanya menyalurkan bantuan untuk kegiatan sosial kemanusiaan dan tidak pernah sekali pun menyalurkan atau mengalokasikan bantuan kepada pihak tertentu, baik lembaga maupun individu yang tergabung dengan kelompok atau kepentingan tertentu yang diketahui melawan hukum, terutama untuk pendanaan terorisme. dan kegiatan radikalisme., ”ujar Presiden Direktur One Care, dalam rilis yang diterima merdeka.com, Sabtu (19/12/2020).

Kata polisi, selain dari One Care Foundation, dana Jamaah Islamiyah berasal dari kotak amal yang tersebar di minimarket dan hasil perdagangan anggotanya.

Direktur Utama One Care menegaskan, lembaga ini terbuka untuk siapa saja dari berbagai kalangan dan latar belakang. Jika di kemudian hari ditemukan ada personel atau relawan One Care yang berafiliasi dengan kelompok tertentu, maka itu merupakan sikap pribadi dan tidak bisa dikaitkan dengan lembaga.

“Dan semua masalah yang terkait dengan personel ini adalah tanggung jawab pribadi dan bukan tanggung jawab organisasi kemanusiaan One Care,” kata rilis itu.

Dalam menjalankan fungsi kelembagaannya, sambungnya, One Care selalu menjaga profesionalisme dan tertib administrasi agar setiap donasi yang diterima tercatat dan terpusat pada rekening resmi demi menjaga kepercayaan dan transparansi penggunaan donasi.

Bahwa pendampingan kepada mitra penerima yang telah dilaksanakan oleh petugas di lapangan telah dilaksanakan sesuai prosedur dengan mengacu pada program yang telah digulirkan. Dan semuanya telah dicatat dan dilaporkan.

“Jika ditemukan ditemukan adanya penyalahgunaan bantuan oleh individu atau lembaga penerima, maka Lembaga Kemanusiaan One Care akan terbebas dari penyalahgunaan tersebut dan mengajak pihak yang berwenang untuk menjalankan tugasnya sesuai prosedur hukum,” ujarnya.

Sekali lagi, organisasi kemanusiaan One Care selalu berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan terorisme dan radikalisme di Indonesia.

3 Sumber Keuangan Jemaah Islamiyah

Sebelumnya, polisi menyebut ada tiga sumber pembiayaan bagi kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Salah satunya dengan menyebarkan kotak zakat di sejumlah tempat.

“Kami sudah menangkap 3 dana dari para tersangka ini,” kata Kepala Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Mabes Polri, Jumat (18/12/2020).

Ia menjelaskan, kotak amal ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dilihat orang.

“Mereka dipasang di berbagai tempat yang mudah dilihat orang, ada transaksi oleh orang, ada perubahan atau ada yang akan diisi nanti dan ini masih mendalam,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Argo, diduga sumber pendanaan lain berasal dari yayasan.

“Yang kedua adalah One Care Foundation, kita cek dari mana asalnya yayasan ini,” tambahnya. Selain itu, pendanaan mereka juga berasal dari penjualan yang dilakukan.

Diketahui sejumlah tersangka teroris jaringan JI yang ditangkap di Lampung beberapa waktu lalu berprofesi sebagai penjual pisang goreng dan bebek.

“Ketiga anggota JI ini sudah bekerja dengan berbagai macam profesi, ada yang berjualan bebek, pisang goreng dan apa saja. 5 persennya disisihkan lalu dikirim ke JI Pusat, kemudian uang itu digunakan untuk membiayai jaringan seluler di seluruh Indonesia. . yang tidak punya pekerjaan tetap, ”jelasnya.

Oleh karena itu, anggota JI yang telah memiliki pekerjaan wajib menyisihkan sebagian uangnya untuk anggota JI lain yang belum memiliki pekerjaan.

Reporter: Randy Ferdi Firdaus

Sumber: Merdeka

banner 300x250

Related posts

banner 300x250