Polisi Papua Mengungkap Motif KKB yang Menyerang Warga Sipil

  • Whatsapp
Ilustrasi
banner 300x250

Havana88detik – Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal (Irjen) Paulus Waterpauw menjelaskan, kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat ini kesulitan bertahan hidup di dalam hutan.

Hal inilah yang kemudian membuat mereka mulai turun gunung dan kerap melakukan penyerangan terhadap warga sipil di wilayah Papua.

Read More

“Kasus penembakan yang terjadi di Puncak Ilaga memiliki motif yang sama seperti di Intan Jaya. Dalam hal ini kelompok sudah mulai berjuang dari segi makanan dan amunisi sehingga melakukan pergerakan individu,” kata Waterpauw dalam keterangan resmi. , Rabu (10/2).

Ia menjelaskan, KKB telah dipastikan sebagai pelaku yang terlibat dalam peristiwa penembakan warga sipil berinisial RNR di Kabupaten Intan Jaya dan seorang tukang ojek di Kabupaten Puncak.

Secara khusus, kata Paulus, polisi telah mengidentifikasi pelaku penembakan RNR. Dalam kasus ini, kata dia, diduga dilakukan oleh kelompok Undius Kogoya.

“Kami mendapat informasi dari beberapa saksi bahwa mereka mengetahui pelaku dan aktivitas sehari-harinya tidak jauh dari rumah korban. Tapi entah apa yang menyebabkan pelaku melakukan kekerasan terhadap korban,” ujarnya.

Setelah diidentifikasi, Paulus menegaskan polisi akan mempercepat proses penuntutan hukum dan menangkap pelakunya. Ia mengatakan, pelaku akan dihadapkan pada dua hal saat bertemu dengan aparat, yakni ditangkap atau melakukan tindakan tegas sesuai prosedur yang berlaku di kepolisian.

Sebab dia telah melakukan kekerasan yang menimbulkan keresahan bagi warga sekitar kota Sugapa dan Kabupaten Intan Jaya pada umumnya, tambahnya.

Paulus juga menjelaskan bahwa kondisi korban saat ini sudah lebih baik. Ia mengatakan, tidak ada proyektil yang tersimpan di tubuh korban sehingga memudahkan dokter dalam memberikan perawatan medis.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250