Prediksi Google Stadia Gagal di Tahun 2021 Ini

  • Whatsapp
Prediksi Google Stadia Gagal di Tahun 2021 Ini
banner 300x250

Havana88detik – Beberapa tahun lalu, Google meluncurkan program Google Stadia. Program ini mengangkat konsep cloud gaming. Dimana orang yang menggunakannya bisa bermain game secara bebas dari berbagai alat. Sayangnya pada tahun 2021 ini, Google Stadia gagal menjadi relevan.

Konsep yang Bagus Tapi Tidak Mampu Diwujudkan

Read More

Bagi Anda yang ingin mengerti bagaimana sistem Google Stadia berjalan, mari ilustrasikan di sini. Bayangkan saja Anda ingin main game DOOM 2016. Walaupun tidak punya PC dengan kemampuan tinggi, Anda bisa main game ini lewat smartphone dengan aplikasi Google Stadia. Sistem ini menggunakan komputer super cepat di server sebagai alat mengolah data.

Jadi smartphone yang digunakan untuk bermain cukup menjadi layar dan controller saja. Untuk koneksi memainkan game, tentu internet harus digunakan sebagai jembatan. Anda menekan tombol di smartphone akan dikirim sebagai data ke server yang memutar game. Data karakter bergerak sesuai perintah tombol akan dikirim kembali ke smartphone untuk menunjukan gambar karakter bergerak.

Konsep cloud gaming ini tentu bagus, tapi sayangnya aplikasi tidak sesuai harapan. Untuk bermain game Cloud dengan nyaman, Anda perlu koneksi stabil dan cepat. Agar nyaman, Anda membutuhkan rata – rata 1GB download speed dan 500MB upload speed. Hal ini tentu sangat berat.

Di Amerika dan Eropa, kecepatan ini belum umum dan mahal. Bayangkan jika Google Stadia ada di Indonesia. Pasti game tidak ada yang jalan karena internet yang lemot.

Kegagalan Setelah Beberapa Uji

Walaupun mendapatkan support dari banyak orang karena terobosan teknologi yang baik, Google sepertinya tidak bisa berkutik di tahun 2021 ini. Stadia telah diuji banyak pihak dan menghasilkan banyak komplain.

Jika infrastruktur internet tidak ada yang mendukung, sistem ini dijamin gaga. Google Stadia gagal juga bukan karena konsepnya, tapi lebih pada aplikasinya. Jika Google lebih dalam menggali soal cloud gaming, mereka bisa melakukan persiapan lebih baik.

Tentu saja Google Stadia tidak official tutup pada tahun ini. Tapi tunggu saja sampai akhir 2021, kabar tentang sistem ini pasti hilang sama seperti banyak program Google lain yang mati.

 

banner 300x250

Related posts

banner 300x250