Role Yang Paling Ideal Jadi Shoutcaller MLBB, Jika Team Ingin Menang?

  • Whatsapp
Role Yang Paling Ideal Jadi Shoutcaller MLBB, Jika Team Ingin Menang?
banner 300x250

Havana88 – Sosok shoutcaller atau pengambil keputusan dalam tim memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan gameplay. Role ini juga identik dengan in-game leader di judul game selain MLBB. Namun, shoutcaller tidak selalu harus menjadi kapten utama dalam tim.

Menentukan shoutcaller biasanya ditugaskan kepada orang-orang yang memiliki visi, kemampuan makro yang baik dan jiwa untuk memimpin. Dia mengarahkan rekan satu timnya untuk menyerang dan bertahan mengingat situasi pertempuran saat ini. Namun, ada peran tertentu dalam tim MLBB yang ideal untuk menjadi seorang shoutcaller. Apa peran?

Read More

Menjadi shoutcaller berarti Anda memiliki tugas ganda untuk membimbing tim dari awal hingga akhir permainan sambil memainkan pahlawan Anda dengan baik. Untuk peran tertentu, menjadi pengambil keputusan akan sulit karena terlalu fokus pada satu aspek tertentu.

Misalnya saja role goldlaner atau offlaner akan fokus pada mekanik pertarungan di laning. Bidang pandang mereka menyempit karena fokus pada satu lane dan membutuhkan informasi dari midlane untuk mencegah rotasi musuh secara tiba-tiba.

Sidelaner juga bisa mengambil keputusan karena tidak mengetahui detail situasi yang terjadi di midlane dan jungle. Oleh karena itu, role ini agak jarang menjadi shoutcaller atau IGL kecuali dia adalah pemain yang berpengalaman. Contoh penelepon sampingan dalam peran ini adalah Watt.

Jungler biasanya diisi oleh pemain dengan mekanik tertinggi dalam tim. Kemampuan individunya memiliki peran penting dalam mengangkat tim dan memenangkan pertandingan. Biasanya jungler sangat menuntut untuk dilindungi saat berputar atau diserbu musuh saat farming.

Banyak pemain jungler yang menjadi shoutcaller karena kemampuannya memahami kekuatan hero yang digunakan. Jungler juga cenderung bermain berdasarkan objektif seperti turret, turtle dan lord, sehingga memudahkan untuk menentukan putaran motor utama dalam tim yaitu tank dan support.

Namun, jungler sering terbawa suasana dan bermain agresif hingga merugikan tim mereka sendiri. Entah dia pergi terlalu jauh dan meninggalkan timnya terlalu jauh atau dia membuat keputusan yang salah dan berakhir dengan fatal. Jungler juga sulit berkembang saat stres. Saat tertinggal, jungler akan fokus bertani dan mungkin ketinggalan memberikan informasi dan keputusan kepada rekan lainnya.

Contoh shoutcaller dalam tim yang bermain di posisi jungle adalah Branz.

Peran pendukung dianggap sebagai shoutcaller paling ideal dalam tim. Sebagian besar support, entah itu bertugas bermain mage atau tank, lebih kepada marko dan game sense. Mereka harus memantau peta, membaca pergerakan dan rotasi musuh serta menentukan cara terbaik untuk menyerang dan bertahan.

Peran support sebagai shoutcaller sangat krusial di early game karena menentukan seberapa besar keuntungan yang mereka cari atau bagaimana meminimalisir kekalahan jika posisi tidak menguntungkan. Sebagai seorang shoutcaller, support tidak terlalu dirugikan jika terbunuh, karena kemampuannya memimpin tim masih bisa dikeluarkan.

Support biasanya memiliki sikap yang tenang, rasional dalam mengambil keputusan dan memiliki kerjasama yang tinggi. Pemain yang identik dengan dukungan shoutcaller adalah Luminer, Rekt, VYN dan Udil.

Shoutcaller tidak hanya memberikan informasi kepada rekan-rekan tentang musuh yang telah menghilang atau musuh yang tidak memiliki ultimate atau flicker. Shoutcaller harus membuat keputusan dalam waktu singkat untuk menyerang atau mundur. Namun, pengambilan keputusan strategis dapat berubah saat permainan beradaptasi dengan situasi pertempuran. Misalnya di early game pemain support lebih banyak mengambil keputusan, kemudian di late game pemain jungler bisa mengambil alih sehingga gameplay menjadi lebih agresif.

Itulah pembahasan tentang peran paling ideal menjadi seorang shoutcaller. Kalau teman-teman tim Esports kamu biasanya yang berperan sebagai shoutcaller?

banner 300x250

Related posts

banner 300x250