Saham GameStop Akhirnya Berangsur Normal

  • Whatsapp
Saham GameStop Akhirnya Berangsur Normal
banner 300x250

Havana88detik – Setelah mengalami lonjakan tinggi, saham GameStop mulai menunjukan nilai normal. Saham ini beberapa waktu lalu melonjak lebih dari 1.700% dibandingkan angka fundamentalnya. Penyebab lonjakan ini adalah forum Reddit yang bernama WallStreetBets.

Recap Bagi yang Belum Tahu

Read More

Bagi Anda yang tidak tahu, forum WallStreetBets menemukan bahwa saham perusahaan GameStop kena sorting. Sorting ini diketahui adalah manipulasi karena angkanya mencapai diatas 100%. Mengetahui hal ini, anggota forum bersatu dan berusaha membeli sahamnya agar harganya naik.

Karena hal ini, orang yang melakukan sorting harus membeli saham GameStop agar tidak rugi. Pembelian yang dilakukan membuat harga saham lebih baik lagi dan reaksi berantaipun terjadi. Karena hal ini nilai saham bisa capai lebih dari 400 USD yang awalnya hanya sekitar 20 USD.

Kejadian ini tentu viral di berita – berita bisnis dan ekonomi. Banyak yang mengatakan hal ini merupakan tanda bahwa investor kecil – kecilan memiliki kemampuan menggerakan pasar saham sama seperti pemain perusahaan.

Naiknya saham juga diikuti kerugian dari banyak pihak, terutama yang melakukan sorting. Hedge Funs yang melakukan hal ini dilaporkan rugi sampai 2 miliar USD. Hedge Funs tersebut bahkan butuh suntikan dana dari banyak perusahaan lain untuk tetap beroperasi.

Kondisi Saham GameStop Sekarang

Setelah ledakan harga ini, nilai saham sekarang mulai kembali normal. Nilai normal fundamental GameStop ada di kisaran 20 sampai 50 USD untuk saat ini. Walaupun angka saham GameStop masih ada di atas 70 USD saat ini, perlahan nilainya pasti turun ke normal fundamental.

Kejadian ini banyak dielukan sebagai peristiwa bersejarah di pasar saham. Tidak banyak yang tahu bahwa dengan kekuatan internet dan pengetahuan saham, orang biasa bisa mengeruk untung mengalahkan perusahaan investasi besar. Hedge Funds yang menjadi penyebab krisis 2000 dan 2008 lalu selalu di lindungi pemerintah dengan bailout. Tapi orang kecil menjadi korban krisis.

Sekarang orang kecil yang bisa pakai aplikasi investasi, bisa mengeruk untung di dunia saham sama seperti pemain investasi besar Wall Street. Hanya dengan bersatu antar investor kecil, efek kejadian GameStop ini terjadi.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250