Salah satu yang menarik perhatian adalah lilin doa Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar di Bandung

  • Whatsapp
Salah satu yang menarik perhatian adalah lilin doa Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar di Bandung
banner 300x250

Havana88detik – Ratusan lilin sembahyang dinyalakan di Vihara Dharma Ramsi di Jamika, Astanaanyar, Kota Bandung pada Jumat (12/2/2021). Pijar lilin doa berwarna merah ini dipercaya sebagai penerang kehidupan, jalan rezeki, kesejahteraan dan kesehatan.
Setiap lilin memiliki nama pemilik lilin dan orang lain yang mendoakannya. Doa juga bervariasi dari umur panjang, rezeki yang baik, kemakmuran dan kesehatan.

“Kalau orang percaya, taruh lilin, ukurannya bervariasi tergantung siapa yang punya (dana). Seperti di sini ada lilin gabungan dengan banyak nama, itu untuk yang kurang beruntung, jadi kita taruh semua yang kurang beruntung dalam satu lilin., gabungkan saja, semuanya, ”ujar relawan Vihara Dharma Ramsi Awa Kwan saat ditemui.

Read More

Lilin tidak boleh mati selama 15 hari, atau sampai perayaan Cap Go Meh. Staf akan memastikan lilin terus menyala dengan berjalan di sekitar halaman kuil.

“Kalau mati kita nyalakan lagi, kalau mati tidak ada, yang penting kita taruh lilin Imlek kemarin jam 12 siang, tapi karena pandemi masih nyala, tapi tidak oleh orang, tapi oleh petugas di sini, “katanya.

“Karena ritual harus jam 12 malam, baca ritualnya dulu, baru setelah ritual baru dimulai, jadi tidak sembarangan,” ujarnya.

Salah satu yang menarik adalah lilin atas nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri dan Pangdam Majjen Nugroho Budi Wiryanto. Lilin tersebut memiliki tinggi kurang lebih 1,5 meter dan dipasang di depan pintu masuk gedung induk, serta diikatkan di atas wadah dupa.

“Itu setiap tahun. Dulu waktu jadi walikota sering datang ke vihara, sekarang mungkin ramai. Sebenarnya lilin ini dulu sebelum petugas menyalakannya, dulu wali menyalakannya. Sekarang yang menjadi wali adalah gubernur, sibuk, dan ada pandemi, ”kata Awa Kwan.

Sebelum Ridwan Kamil, kata dia, bahkan sebatang lilin atas nama Dada Rosada yang saat itu menjabat sebagai Walikota Bandung pernah ada. “Awalnya ada kader, tahun 2010. Kapolda juga di waktu yang sama,” ujarnya.

Awa Kwan mengatakan, pembuatan lilin itu tidak atas permintaan yang bersangkutan. Namun hal tersebut merupakan inisiatif pengelola vihara sebagai bentuk apresiasi dan penyemangat doa. “Kalau lilin ini berasal dari donatur, ada relawannya. Itu inisiatif kita,” ujarnya.

Harga lilin terbesar Rp3 juta (20 kata), Rp2 juta (15 kata), 1,5 juta (10 kata) dan lilin terkecil Rp500 ribu (5 kata). Ukurannya pun bervariasi dari 1,5 meter hingga 30 sentimeter.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250