Sandiaga Sandingkan Ekonomi Kreatif RI dengan Industri Hollywood & K-Pop

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sektor ekonomi kreatif akan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia
banner 300x250

Havana88 –   Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sektor ekonomi kreatif akan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Ia bahkan mengatakan, sektor ekonomi kreatif Indonesia setara dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Menurut dia, berdasarkan data Opus Creative Economy Outlook 2020, sektor ekonomi kreatif Indonesia diperkirakan berkontribusi hingga Rp 1.100 triliun terhadap PDB Indonesia.

Read More

Dengan kontribusi tersebut, kata dia, sektor ekonomi kreatif di Indonesia tidak jauh berbeda dengan Amerika Serikat dengan industri Hollywood-nya, atau Korea Selatan dengan industri K-Pop.

Hal ini membuat Indonesia berada di urutan ketiga setelah Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-Pop dalam kontribusi industri berbasis ekonomi kreatif terhadap PDB. Kami bersaing dengan mereka,” kata Sandiaga di Xpora Business Idea Festival yang diselenggarakan detikcom dan BNI, Selasa (3/8/2021).

Menurutnya, tahun 2021 akan menjadi momentum pemulihan ekonomi global, termasuk sektor ekonomi kreatif. Sandiaga mengatakan tahun ini merupakan momen pertumbuhan berkelanjutan bagi ekonomi kreatif internasional.

Pemerintah juga akan membantu pelaku ekonomi kreatif, salah satunya dengan mendukung transformasi digital UKM ekonomi kreatif.

“Tahun 2021 ini momentum yang tepat untuk pemulihan ekonomi global, tahun ini ditetapkan menjadi tahun ekonomi kreatif internasional 2021 untuk pembangunan berkelanjutan. Ini bisa menjadi upaya bersama untuk mengkonsentrasikan sektor ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250