Satu Keluarga Nekat Menjadi Pencuri Demi Bertahan Hidup

  • Whatsapp
Komplotan pencuri di Surabaya
banner 300x250

Havana88detik – Polisi menangkap sekelompok pencuri di Surabaya. Dari empat pelaku pencurian yang diamankan, tiga di antaranya adalah satu keluarga.

Mereka adalah Rio Didik (49), Ary (46) dan Ori Ramadhan (26), warga Darmo Permai Utara. Dan Sri Wardhani (39), warga Jalan Oro-oro, Surabaya. Mereka ditangkap Satreskrim Satreskrim Polres Surabaya pada Minggu (24/1), sekitar pukul 09.00 WIB di Pasar Minggu Tugu Pahlawan.

Read More

“Ini geng pencurian. Tiga dari empat pelakunya adalah keluarga, masih ada hubungan darah. Yakni ayah, ibu, dan anak,” kata Kepala Resmob Satreskrim Polres Surabaya Iptu Arief Rizki Wicaksana, saat dilepasliarkan di Polres Surabaya, Selasa (2/2). 2/2021).

Dalam melakukan pencurian tersebut, keempat pelaku memiliki peran masing-masing. Ada yang berperan mencuri HP atau mengeksekusinya, ada yang menghalangi korban, ada yang berperan menerima barang curian dan menghilangkan jejak.

“Keempatnya punya peran masing-masing. Tersangka SW adalah pencuri ponsel korban. Ponsel tersebut kemudian dilempar ke tersangka RDS yang merupakan salah satu dalang pencurian itu pula. Dan tersangka ORT dan AY tersebut adalah kedua bagian obstruksi, ”kata Arief.

Keempat tersangka selalu beraksi di pasar syok. Salah satunya di Pasar Mingguan Tugu Pahlawan. Setiap tindakan direncanakan dengan baik.

“Dari pengakuannya dan pencarian kami, mereka telah melakukan ini sebanyak tiga kali selain yang kami amankan,” tambah Arief.

Sementara itu, tersangka Rio mengaku melakukan pencurian sejak Oktober 2020. Sayangnya, tersangka melakukan tindak pidana dengan mengundang istri dan anak-anaknya.

“Sebenarnya keluarga saya tidak tahu. Saya ajak mereka, mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan. Saya paksa mereka untuk bergabung dan kemudian sampai di Tugu Pahlawan, saya beri tahu anak istri saya,” kata Rio.

Rio yang setiap hari berprofesi sebagai driver online ini mengaku pekerjaannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, karena wabah Corona. Mobil yang dia gunakan juga merupakan mobil sewaan.

Dalam aksinya, mereka selalu membawa mobil tersebut ke lokasi yang ditargetkan. Dari kejahatan yang dilakukan para tersangka tersebut, polisi mengamankan sebuah ponsel iPhone 6s dan sebuah mobil yang digunakan sebagai kendaraan bagi tersangka untuk melakukan pencurian.

Keempat tersangka diancam dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian. Dengan pidana penjara maksimal lima tahun.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250