Seorang Tokoh Oposisi di Rwanda Ditangkap Atas Tuduhan Pemerkosaan

  • Whatsapp
Seorang dosen Universitas Rwanda, Christoper Kayumba, ditangkap polisi. Dia yang merupakan tokoh oposisi terkenal dituduh melakukan pemerkosaan.
banner 300x250

Havana88 –  Seorang dosen Universitas Rwanda, Christoper Kayumba, ditangkap polisi. Dia yang merupakan tokoh oposisi terkenal dituduh melakukan pemerkosaan.

Dilansir dari AFP, Jumat (10/9/2021), Kayumba dituduh melakukan pemerkosaan oleh sejumlah orang. Termasuk seorang mantan mahasiswa.

Read More

“Hari ini, RIB menangkap Dr Christopher Kayumba setelah beberapa waktu menyelidikinya atas tuduhan pemaksaan dan pelecehan seksual yang dilaporkan oleh berbagai orang,” kata Biro Investigasi Rwanda (RIB) dalam sebuah pernyataan.

Kayumba, 48, diketahui mengelola sebuah surat kabar online bernama ‘The Chronicles’. Dia juga mendirikan sebuah partai politik yang menentang Presiden Paul Kagame pada bulan Maret lalu.

Tak lama setelah itu, tuduhan pemerkosaan muncul terhadapnya di jejaring sosial. Lalu dia pun telah menyangkalnya.

Kayumba dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena ‘gangguan publik’ setelah keamanan bandara menolak mengizinkannya melakukan perjalanan ke Nairobi pada Desember 2019. Pihak berwenang mengatakan Kayumba tiba di bandara dalam keadaan mabuk dan mengancam akan menutup fasilitas itu.

Pada Juni, guru universitas lainnya, Aimable Karasira, yang mengkritik Kagame di Youtube, didakwa dengan ‘revisionisme’. Hingga kini bahkan Kagame masih dalam tahanan.

Karasira, yang selamat dari genosida Rwanda 1994 yang menewaskan 800 ribu orang, mengklaim Partai Front Patriotik Rwanda pimpinan Kagame membunuh orang tuanya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250