Seorang transgender asal Korea Selatan ditemukan tewas di rumahnya

  • Whatsapp
Seorang transgender asal Korea Selatan ditemukan tewas di rumahnya
banner 300x250

Havana88detik – Seorang transgender ditemukan tewas di rumahnya. Wanita bernama Byun Hui Soo ini dikenal sebagai tentara pertama yang berganti kelamin di Korea Selatan. Ia pun menjadi topik perbincangan karena diusir dari militer setelah mengetahui jati dirinya. Baru-baru ini dia dikabarkan meninggal pada usia 22 tahun.

Dilansir Yonhap News, Byun Hui Soo ditemukan tewas di rumahnya kemarin sore usai didatangi petugas pemadam kebakaran. Sebelumnya petugas mendapat telepon bahwa rumah tersebut berasap dan wanita tersebut tidak bisa dihubungi. Seorang perwakilan dari Pusat Kesehatan Mental Nasional mengatakan bahwa jika mantan tentara itu dicurigai berusaha mengakhiri hidupnya, dia tidak dapat dihubungi sejak 28 Februari.

Read More

Hingga saat ini belum ada kepastian resmi dari pihak kepolisian terkait penyebab kematian Byun Hui Soo karena masih dalam penyelidikan lebih lanjut. Namun dilaporkan jika surat wasiat ditemukan di sana. Dugaan dirinya melakukan bunuh diri juga didukung oleh pernyataan dari tetangga yang mengatakan bahwa waria sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya tidak bulan lalu.

“Polisi dipulangkan tiga bulan lalu ketika dia berpikir untuk mengakhiri hidupnya pada saat itu. Baru-baru ini ada bau busuk dari rumahnya,” kata tetangga itu.

Byun Hui Soo dikenal sebagai transgender pertama yang menjadi tentara sayangnya dengan cara yang kurang positif. Wanita yang masuk militer pada 2017 ini kedapatan berganti kelamin pada 2019 usai menjalani operasi di Thailand saat tidak bekerja. Saat itu, ia memutuskan menjadi wanita setelah mengalami depresi jangka panjang akibat kebingungan identitas gender.

Dua bulan setelah operasi, Byun Hui Soo diberhentikan dari militer. Alasannya, wanita tersebut dinilai memiliki keterbatasan fisik dan mental yang membuat mantan sersan tersebut tidak cocok untuk perannya.

Di Korea Selatan, transgender tidak diperbolehkan menjadi tentara. Namun Byun Hui Soo memohon untuk tetap mengabdi atau berubah menjadi tentara wanita. Byun Hui Soo telah melakukan protes pada Februari 2020 dan Agustus 2020. Kasus ini seharusnya disidangkan untuk pertama kalinya pada 15 April.

“Terlepas dari identitas seksual saya, saya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa saya bisa menjadi salah satu pejuang hebat yang melindungi negara ini,” kata Byun emosional. Tolong beri saya kesempatan itu, ”kata perempuan yang bercita-cita menjadi tentara sejak kecil itu.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250