Sindikat Sabu Melibatkan Napi Dan Sipir Lapas Cianjur

  • Whatsapp
Sindikat Sabu Melibatkan Napi Dan Sipir Lapas Cianjur
banner 300x250

Havana88detik – Polisi Cianjur menangkap empat pengedar narkoba. Tiga di antaranya adalah dua narapidana dan satu sipir di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cianjur.
Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai mengatakan pengungkapan dan penangkapan sindikat ini berdasarkan laporan masyarakat terkait transaksi narkoba di Jalan Aria Cikondang yang tidak jauh dari Lapas Cianjur. Polres Cianjur juga berhasil menangkap dua pelaku yakni MY dan CSF di dekat Lapas Cianjur dengan membawa bukti sabu-sabu sebanyak 49.200 gram.

“Awalnya kami mengamankan dua pelaku, yakni CSF yang ternyata penjaga Lapas Cianjur dan Lapas MY,” kata Rifai, Jumat (1/1/2021).

Read More

Berdasarkan hasil pengembangan, ternyata sabu akan digunakan bersama dengan dua tersangka lainnya yaitu TTS dan AD yang menjadi narapidana di Lapas Cianjur. “Rencananya untuk distribusi dan digunakan di lingkungan Lapas Cianjur,” ujarnya.

Rifai menegaskan, keempat tersangka itu dijerat Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 112 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman pidana penjara minimal 15 tahun dan maksimal seumur hidup, kata Rifai.

Kapolsek Kasatnarkoba Cianjur AKP Ali Jupri mengatakan para sipir dan narapidana merupakan bagian dari sindikat peredaran narkoba di Lapas. Menurut dia, para sipir penjara nantinya akan menyerahkan sabu-sabu tersebut kepada dua narapidana untuk dijual di lingkungan penjara.

“Semuanya dalam satu jaringan. Dua tersangka yang bertugas menjual adalah narapidana. Jadi begitu sabu diterima, langsung dibagikan atau dijual ke narapidana lain,” kata Ali.

Ali menambahkan, dengan ditangkapnya keempat pelaku tersebut diharapkan peredaran dan bisnis narkoba di Lapas dapat dihentikan. “Dalam beberapa kali pengungkapan, pelaku kerap menyebut barang tersebut didapat dari pedagang di penjara. Makanya, dengan dibukanya penjaga ini, diharapkan mata rantai bisa putus,” kata Ali.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250