Siput laut tetap hidup walau kepalanya terpenggal

  • Whatsapp
Siput laut tetap hidup walau kepalanya terpenggal
banner 300x250

Havana88detik – Hampir semua makhluk hidup akan mati jika kepalanya dipenggal, dipisahkan dari badannya. Namun, tidak demikian halnya dengan siput laut atau sejenis siput laut, kepala yang terpenggal sama sekali tidak menjadi masalah bagi mereka.
Dikutip detikINET dari USA Today, peneliti menemukan dua spesies siput laut di Jepang yang dapat menumbuhkan kembali jantung dan juga seluruh tubuh setelah memisahkan kepalanya dari tubuhnya.

Kepala siput laut ini, langsung bergerak sendiri setelah lepas dari tubuhnya. Itupun memakan alga dalam beberapa jam.

Dalam seminggu, proses regenerasi tubuh bagian bawah dimulai. Sekitar tiga minggu kemudian, prosesnya selesai dan siput laut kembali ke makhluk penuh seperti sebelumnya.

“Kami terkejut melihat kepalanya bergerak segera setelah dipisahkan. Kami pikir dia akan segera mati tanpa jantung dan organ vital lainnya, tetapi kami kembali terkejut saat mengetahui bahwa dia telah meregenerasi seluruh tubuhnya,” kata ketua peneliti Sayaka Mitoh. dari Universitas Wanita Nara.

Yang pasti, tim peneliti memotong kepala 16 ekor siput laut lainnya. Hasilnya, enam di antaranya bisa beregenerasi, tiga berhasil dan tetap hidup. Satu dari tiga bahkan menumbuhkan tubuhnya dua kali.

Mitoh dan timnya belum tahu pasti kenapa siput laut bisa melakukan ini. Mungkin ada sel punca di lehernya yang bisa menumbuhkan kembali seluruh tubuhnya.

Juga tidak jelas mengapa mereka memenggal kepala mereka sendiri. Ini mungkin untuk menghilangkan parasit internal yang menghalangi reproduksi mereka. Ini akan diperiksa dalam penelitian selanjutnya.

“Tentu saja ini keajaiban alam, tetapi memahami mekanisme molekuler yang terlibat dalam siput laut ini dapat membantu kita memahami bagaimana sel dan jaringan kita sendiri dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kerusakan,” kata Nicholas Curtis, seorang akademisi di Universitas Ave Maria.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250