Taliban Minta Turki Bantu Operasional Bandara Kabul

  • Whatsapp
Kelompok Taliban dilaporkan meminta bantuan teknis kepada Turki dalam mengoperasikan bandara Kabul setelah penarikan pasukan asing dari Afghanistan selesai.
banner 300x250

Havana88Kelompok Taliban dilaporkan meminta bantuan teknis kepada Turki dalam mengoperasikan bandara Kabul setelah penarikan pasukan asing dari Afghanistan selesai. Namun, diketahui bahwa Turki bersikeras untuk menarik semua pasukannya dari Afghanistan sebelum batas waktu 31 Agustus.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (26/8/2021), dua pejabat Turki yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa permintaan bersyarat dari Taliban menempatkan Turki dalam posisi sulit untuk menentukan apakah akan menerima tugas berbahaya tersebut atau tidak.

Read More

Militer Turki yang ikut dalam misi NATO di Afghanistan diketahui masih memiliki ratusan personel di bandara Kabul. Pejabat Turki telah menyatakan bahwa negara mereka siap untuk menarik pasukan dalam waktu singkat.

Tetapi pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menyatakan dalam beberapa bulan terakhir bahwa Turki dapat mempertahankan kehadiran pasukan di bandara Kabul jika diminta. Setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan, Turki menawarkan bantuan teknis dan keamanan di bandara Kabul.

“Taliban telah mengajukan permintaan dukungan teknis dalam mengelola bandara Kabul,” kata seorang pejabat senior Turki yang tidak mau disebutkan namanya.

Namun, menurut pejabat senior ini, tuntutan Taliban agar semua pasukan asing, termasuk pasukan Turki, meninggalkan Afghanistan akan memperumit misi.

“Memastikan keselamatan pekerja tanpa Angkatan Bersenjata Turki menjadi pekerjaan yang berisiko,” katanya.

Tidak jelas apakah Turki akan setuju untuk memberikan bantuan teknis jika pasukannya tidak dapat memberikan jaminan keamanan di Afghanistan. Pejabat Turki lainnya mengatakan keputusan akhir akan dibuat pada batas waktu penarikan pasukan asing dari Afghanistan pada 31 Agustus.

Menjaga bandara tetap beroperasi setelah pasukan asing ditarik ke negara asal mereka tidak hanya penting bagi Afghanistan untuk tetap terhubung dengan dunia luar, tetapi juga dalam menjaga pasokan dan operasi untuk bantuan.

“Ini akan menjadi jalur penting bagi aksi kemanusiaan di Afghanistan,” kata Direktur Program Pangan Dunia (WFP) di Afghanistan, Mary Ellen McGarty, pekan lalu.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250