Tingkah Konyol Pengendara Motor Pakai Masker Di Lampu Motor

  • Whatsapp
Tingkah Konyol Pengendara Motor Pakai Masker Di Lampu Motor
banner 300x250

Havana88detik – Seorang pengendara motor dihentikan petugas karena tidak memakai masker di Jl. Adi Sumarmo, Surakarta, Jawa Tengah. Alih-alih memakai masker untuk menutupi mulut dan hidung, biker memasangnya di lampu motor.
Video kejadian itu diunggah di akun Instagram @polrestasurakarta, Sabtu (26/12/2020). Dalam rekaman 1 menit 10 detik, petugas bisa melihat pengendara motor berhenti. “Di mana topengmu?” tanya seorang pria di video.

Sesaat kemudian, terlihat topeng yang menempel di lampu depan sepeda motor Honda C-70 bekas pakai pria berjaket hitam itu. Bukan hanya memakai topeng aneh. Pengendara juga tidak memasang plat nomor kendaraan. Pria tersebut mengaku berasal dari Medan.

Read More

“Kamu tidak memakai topeng, tidak ada pelat nomor.”

“Kalau tertib, tidak akan ditangkap PP dan polisi,” lanjutnya.

Penggunaan masker wajib bagi setiap orang saat berada di luar rumah sebagai upaya pencegahan penularan Corona Covid-19.

Sementara itu, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan jelas menyebutkan bahwa setiap kendaraan wajib memiliki nomor polisi pada kendaraannya masing-masing. Polisi juga dengan tegas menyatakan syarat agar kendaraan dapat melaju di jalanan, salah satunya dengan memasang nomor polisi atau plat nomor. Inilah dasar hukum yang mewajibkan setiap kendaraan memiliki identitas berupa plat nomor.

Pasal 280 UU 29/2009 dengan jelas menyebutkan bahwa setiap kendaraan wajib mencantumkan nomor identitas kendaraan, yaitu plat nomor.

Pasal tersebut di atas berbunyi: “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dilengkapi dengan Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sebagaimana ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara. pidana penjara paling lama 2. (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah). ”

Aksinya tersebut tentu mengundang beragam komentar dari netizen yang sebagian besar meragukan sikapnya yang meremehkan protokol kesehatan.

“Kebanyakan dari gaya ini tidak tersedia pak, sekarang mereka tidak mengikuti prokes dan sok seperti pandai menangkap mereka, pak,” tulis seorang netizen.

“Ditindak tegas saja pak sesuai aturan protokol kesehatan, karena ini bukan main-main dan main-main kalau motor kurang lengkap cuma karcisnya pak,” sahut yang lain.

“Kalau tahun-tahun sekolah pakai masker di mulut, saat itulah lampu motor dingin kan?” Mengomentari yang lain.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250