Tri Rismaharini Calon Mensos, Untuk Memberantas Korupsi Bansos

  • Whatsapp
Tri Rismaharini Calon Mensos, Untuk Berantas Korupsi Bansos
banner 300x250

Havana88detik – Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikabarkan ditawari posisi Menteri Sosial (Mensos) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Juliari Peter Batubara yang tersangkut kasus korupsi bansos. dana (bansos) penanganan Covid-19. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, penetapan pengganti Juliari merupakan hak prerogatif Presiden.

Namun, dia menilai, jika pengganti dari PDIP, keputusan sangat bergantung pada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. “Itu fatsun politik kami. Kami tidak bisa mengukur semuanya berdasarkan tren yang ada di media,” kata Adi kepada Republika, Senin (14/12).

Read More

Adi menilai kuota menteri PDI Perjuangan tidak mungkin dikurangi. Namun, apakah posisi Mensos masih akan diisi oleh kader PDIP atau dialihkan ke kementerian lain tergantung keputusan Presiden Jokowi nanti.

Ia tidak menyebut nama lain selain Risma yang berpotensi mengisi posisi menteri menggantikan Juliari. Yang jelas semua calon menteri dari PDIP sangat bergantung pada Megawati, katanya.

Selain itu, ia juga menyebutkan sejumlah kriteria yang harus dimiliki calon Menteri Sosial. Menurutnya, salah satu kriteria utama yang harus dimiliki calon Menteri Sosial adalah diharapkan memiliki integritas agar tidak terjerumus ke dalam kasus korupsi.

“Kemensos kan banyak bansos. Banyak godaan disana,” ucapnya.

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda Presiden akan merombak kabinetnya.
Adi mengungkapkan, masyarakat saat ini berharap Presiden segera melakukan perombakan untuk mengisi kekosongan jabatan menteri saat ini.

Soal Risma disebut-sebut sebagai calon penerus Juliari, disampaikan Plt Ketua Umum DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surabaya Yusuf Lakaseng pada acara pemilihan pemenang Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Eri Cahyadi. dan Armuji di Surabaya, Minggu (13/12). “Saya mendapat kabar, Bu Risma diangkat oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjadi Menteri Sosial pada Kabinet Indonesia Maju,” kata Yusuf.

Yusuf semakin yakin bahwa kinerja Walikota Risma cukup baik. Terlebih lagi, Risma telah mengubah wajah Surabaya, bahkan mendunia. “Di Surabaya, walikota bisa langsung terjun ke menteri, tanpa harus jadi Gubernur Jawa Timur dulu. Ini menunjukkan Surabaya kota global,” ujarnya.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250