Usai Inggris Kalah, Saka, Rashford, Sancho Jadi Korban Rasial

  • Whatsapp
Usai Inggris Kalah, Saka, Rashford, Sancho Jadi Korban Rasial
banner 300x250

Havana88 – Tiga penendang gagal mengeksekusi penalti timnas Inggris Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka menjadi korban rasisme di media sosial usai takluk dari Italia di final Euro 2020, Senin (12/7) dini hari WIB.

Inggris kalah adu penalti 2-3 dari Italia di final Euro 2020 yang berlangsung di Stadion Wembley, London. Rashford, Sancho, Saka yang merupakan pemain kulit hitam, menjadi tiga algojo gagal Inggris.

Read More

Usai pertandingan, sejumlah suporter Timnas Inggris langsung memanfaatkan media sosial untuk melakukan aksi rasis terhadap ketiga pemain tersebut. Saka yang merupakan eksekutor gagal terakhir Inggris, menjadi pemain yang paling banyak menerima rasisme.

Beberapa netizen bahkan meminta Saka untuk meninggalkan Inggris dan kembali ke Nigeria yang merupakan negara asal orang tua pemain Arsenal tersebut.

Aksi rasis terhadap ketiga pemain tersebut langsung mendapat tanggapan dari Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Juru bicara FA menuturkan bahwa FA mengutuk keras kepada segala bentuk diskriminasi serta terkejut dengan sikap rasisme online yang ditujukan kepada beberapa pemain Inggris kami di media social.

Lanjut FA menyatakan jika pihaknya dengan jelas menyebut bahwa siapa pun yang berada di balik perilaku menjijikkan seperti itu tidak boleh bergabung dengan tim. Pihaknya akan melakukan segalanya untuk mendukung para pemain yang terkena dampak sambil mendesak hukuman seberat mungkin bagi siapa pun yang bertanggung jawab.

FA juga meminta kepada pemerintah Inggris untuk membuat regulasi yang tegas untuk menghukum pelaku tindakan rasis terhadap pesepakbola seperti yang dialami Saka, Rashford dan Sancho.

FA juga mengungkapkan jika pihaknya akan terus bekerja untuk menghilangkan diskriminasi, tetapi pihaknya meminta pemerintah untuk bertindak cepat dan memberlakukan undang-undang yang sesuai sehingga penyalahgunaan ini memiliki konsekuensi kehidupan nyata.

FA meminta untu larang pelaku dari platform mereka, kumpulkan bukti yang dapat mengarah ke penuntutan, dan buat platform mereka bebas dari jenis pelecehan yang menjijikkan ini.

banner 300x250

Related posts

banner 300x250